Saturday, July 27, 2013

HIDANGAN KECIL MAKANAN KHAS LEBARAN ATAU IDUL FITRI ALA WONG KEBUMEN


Kue Satu
Hari Lebaran atau Idul Fitri merupakan hari yang ditunggu-tunggu masyarakat muslim di dunia. Apalagi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam atau muslim. Setelah menjalankan Puasa Ramadhan selama 30 hari penuh dilanjutkan dengan hari Raya Idul Fitri masyarakat di Indonesia selalu merayakan dengan beberapa tradisi yang menjadi ciri khas hari Idul Fitri. Sebuah pertanyaan tentunya tentang makanan yang sering dihidangkan pada saat lebaran, khususnya di daerah kota kelahiran saya Kebumen.

Apa sih masakan yang sering dihidangkan kebanyakan masyarakat di Indonesia pada saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran? Khususnya di Kabupaten Kebumen?

Ada banyak pilihan menu khas hari raya dari daerah di Indonesia. Tiap-tiap wilayah punya sajian andalannya.
Hidangan dari resep warisan keluarga dipastikan jadi menu yang selalu hadir saat perayaan lebaran tiba. Menu yang menjadi hidangan wajib tentunya Kupat dan Opor Ayam, namun di tiap daerah punya ke-khasan hidangan yang berbeda pula termasuk di Kebumen. Hampir setiap keluarga punya contekan resep turun temurun yang jadi primadona. Nah, apa saja macamnya? Berikut beberapa hidangan kecil khas Idul Fitri atau Lebaran yang  populer di Kabupaten Kebumen.


Opor Ayam
           Makanan
   1.      Opor Ayam
   2.      Kupat Tahu    
   3.      Rica-Rica Entok atau Basur
   4.      Opor Bebek  dll     

             







Nastar
    Snack Ringan
    1.       Kue Nastar
    2.       Kue Satu
    3.       Kue Sagon
    4.       Kue Sistik
    5.       Kue Ampyang







     Minuman

     1.       Sekuteng
     2.       Bajigur
     3.       Es Cendol
     4.       Es Dawet
     5.       Es Campur
     6.       Es Blewah
     7.       Orson atau Sirup


No comments: