Sunday, June 19, 2011

Keindahan Goa Petruk

Goa Petruk namanya, Mendengar nama Petruk, orang tentu akan teringat nama Ponokawan anak Ki Semar yang berbadan tinggi, namun hidungnya sangat mancung. Konon, dalam cerita pewayangan, Petruk ini anak dari lelembut Banaspati yang kemudian diambil anak oleh Ki Semar dan Petruk ini dikenal mempunyai banyak akal.

Sayangnya orang telah banyak mendengar Goa Petruk, tetapi masih enggan untuk mengunjungi objek wisata ini. Cukup beralasan barang kali, memang karena untuk masuk Goa Petruk ini diperlukan persiapan yang cukup. 
Nikmati keindahan Goa Petruk di Kabupaten Kebumen. Letaknya cuma sekitar 7 km dari Goa Jati Jajar. di pintu masuk goa kita sudah disuguhi oleh curuk yang indah dan memiliki air yang sangat jernih. Jika kita sudah masuk ke dalam goa kita akan disuhi pemandangan eksotik yang terjadi secara alami oleh alam. di dalam goa terdapat stalaktit dan stalakmit yang mentyerupai payudara, tugu, pancuran, buaya putih, mbah bewok, semar , otak serigala , gajah dan banyak lagi. Menyusuri Goa Petruk dibagi menjadi dua jalur, yaitu jalur pendek 125m dan jalur panjang 664 m. Oleh pengelola disediakan sepatu boot, helm, dan handlamp untuk penerangan. bagi yang berminat untuk menyusuri Goa Petruk dianjurkan menyediakan pakaian ganti,  karena didalam goa mengucur air deras dari stalaktit. di dalam goa juga terdapat pancuran yang dapat diminum. konon air pancuran itu dapat berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit.  
Perlu diketahui, bahwa di dalam Goa yang mungkin terlihat cukup menakutkan, karena tak ada pijaran atau nyala lampu seperti di Goa Jatijajar, atau Goa lain yang ada di Indonesia. Namun Goa Petruk ini menurut catatan Doktor Koo, seorang pakar Goa dari luar negeri mengatakan, bahwa Goa Petruk ini merupakan Goa terindah di seantero Nusantara.  

Eksotika Stalagmid Stalaktit

Menyerupai Ekor Angsa

Keindahan Curug dipintu gerbang Goa Petruk

No comments: