Thursday, December 26, 2013

Materi Pelatihan Pendamping Lokal Perguliran UPK "KOMUNIKASI"


KOMUNIKASI

Pengantar

Beberapa persoalan yang sering muncul dalam proses pendampingan masyarakat adalah akibat langsung dari kegagalan berkomunikasi. Kegagalan dalam berkomunikasi dapat disebabkan oleh banyak hal. Komunikasi pertukaran dan aliran informasi dari satu orang kepada yang lain. Komunikasi dalam prakteknya melibatkan seorang yang mengirimkan pesan dan seorang penerima pesan. Komunikasi yang efektif terjadi hanya jika penerima mengerti imformasi atau ide yang diterima dengan pengertian yang sama dengan pengiriman. Jadi Komunikasi merupakan masalah yang sangat penting dalam menunjang proses pendampingan kegiatan masyarakat. Komunikasi adalah rantai yang mempersatukan para pihak yang terlibat dalam satu kegiatan.

Jadi apakah komunikasi itu ?
·          Komunikasi adalah penyampaian imformasi
·          Pertukaran informasi, tanda dan pesan
·          Sistem pengiriman dan penerimaan pesan

Apa tujuan komunikasi dalam proses pendampingan :
·          Membina hubungan baik
·          Memberikan informasi yang jelas.
·          Bekerja sama dalam pemecahan persoalan.
·          Untuk memperjelas tujuan, sasaran dan metode pemecahan masalah.

Faktor apa saja yang ada dalam proses berkomunikasi.
  1. Pesan berupa informasi, fakta atau kata-kata.
  2. Pengirim baik individu, Kelompok, organisasi atau masyarakat.
  3. Penerima baik individu, Kelompok, organisasi atau masyarakat.

Sepanjang proses penyampaian pesan, dua proses akan di terima oleh penerima yaitu isi dan konteks. Isi pesan adalah kata dan symbol yang digunakan dalam pesan. Konteks adalah bagaimana cara penyampaian atau bagaimana pesan tersebut di sampaikan seperti tekanan kata, pandangan, bahasa tubuh ekspresi perasaan (marah,khawatir, ragu, tidak percaya diri, dll).

Banyak orang berfikir bahwa mereka telah berkomunikasi ketika mereka meminta orang untuk melakukan sesuatu “saya sudah menyampaikan hal ini dan meminta mereka melakukannya, tapi ya…inilah hasilnya.” Sangat umum bahwa orang tidak mengerti pesan yang disampaikan. Sebuah pesan belum dikomunikasikan sampai pesan tersebut dimengerti oleh penerima. Bagaiman untuk mengetahui bahwa pesan tersebut telah diterima? Kuncinya adalah dengan komunikasi dua arah dan umpan balik. Umpan balik akan memberitahukan apakah penerima mengerti pesan tersebut, kepentingannya dan apa yang harus dilakukan dengan itu.

Halangan/ hambatan dalam Berkomunikasi
·          Kebanyakan orang mendengar apa yang mereka harapkan dengar
·          Persepsi yang beragam
·          Tidak percaya pada sumber pesan
·          Imformasi tidak jelas
·          Tekanan emosi
·          Arti kata yang berbeda

Kemungkinan gangguan pada penerima:
·          Sulit mendengar
·          Sulit melihat
·          Kelemahan fisik
·          Penyakit
·          Minat yang rendah
·          Lemahnya pemahaman yang relevan
·          Terbawa persoalan lain
·          Tekanan waktu
·          Kekurangan waktu dan melamun.

Sumber Gangguan pada pengirim:
·         Kurang memahami pesan yang di sampaikan
·         Ada hal yang tertinggal karena kesalahan
·         Ada hal yang tertinggal karena asumsi yang salah
·         Kurang pas antara suara dan gerak dalam komunikasi verbal
·         Suara dan gerak tangan yang mengecilkan hati pendengar
·         Tekanan suara yang berat
·         Sukar berbicara
·         Malu-malu
·         Gelisah dan tegang
·         Kemarahan dan penyerangan
·         Kikuk

Mendengar aktif
Apakah anda berkomunikasi dengan baik?

Apakah anda lebih senang mendengar atau berbicara?
Apakah anda bertanya untuk menunjukkan bahwa anda mengerti apa yang dimaksud dan anda tertarik dengan imformasi yang lebih kauh.
Kita saling dilatih untuk berbicara, tapi kita jarang di latih untuk mendengar. Mendengar juga perlu dilatih. Bagi seorang pasilitator, sangat penting untuk menjadi pendengar yang baik. Bagaimana melatih diri kita untuk mendengar dan merespon dengan cara yang menjamin bahwa orang lain akan membuat keputusan sendiri dan menangkap hikmah mereka sendiri?
Respon yang paling efektif dalam sebuah komunikasi adalah dimana penerima menunjukkan ketertarikan kepada pengirim sebagai seorang pribadi, memahami apa yang telah dikatakan dan mendorong pengirim untuk meneruskan, mengelaborasi dan menggali topik selanjutnya.

Apakah Anda seorang pendengar yang baik?
Mendengar dapat dikategorikan menjadi dua bagian: pertama mendengar sebagai aktivitas fisik. Dalam hal ini mendengar adalah kegiatan menerima bunyi atau secara sederhana merujuk pada penerimaan rangsangan oleh anggota tubuh, kedua pendengar sebagai tindakan yang melibatkan penerimaan dan interpretasi bunyi kedalam pengertian.
Mendengar dalam pengertian yang kedua juga dapat dibagi menjadi dua kategori: mendengar aktif dan mendengar pasif. Mendengar terjadi ketika penerima memiliki motivasi yang rendah untuk benar-benar mendengar, seperti dalam musik, cerita, televisi atau untuk menjaga sopan santun.
Mendengar aktif dalam sisi lain, melibatkan upaya mendengar dengan tujuan seperti untuk mendapatkan Imformasi, mendapatkan arah, memahami orang lain, untuk menunjukkan dukungan. Ini memerlukan bahwa pendengar masuk kedalam kata-kata dan perasaan pengirim untuk benar-bemar dapat memahami. Hal ini memerlukan energi yang sama atau bahkan lebih besar dari berbicara. Penerima perlu mendengar berbagai pesan, mengerti maksudnya, dan kemudian menguju/memeriksa pemahamannya dengan memberi umpan balik. Berikut beberapa sifat dari pendengar yang baik:
*      Menghabiskan lebih banyak waktu untuk mendengar daripada berbicara.
*      Tidak menghentikan/memotong kalimat orang lain.
*      Tidak menjawab pertanyaan dengan pertanyaan.
*      Memperhatikan bias.
*      Tidak menghayal atau sibuk dengan fikiran sendiri ketika orang lain berbicara.
*      Membiarkan orang lain berbicara. Tidak mendominasi pembicara.
*      Merencanakan respon ketika orang lain selesai berbicara tidak sementara orang tersebut bicara.
*      Memberikan feedback tetapi tidak dengan terus menerus memotong.
*      Menganalisis dengan melihat seluruh factor yang relevan dan bertanya dengan pertanyaan terbuka.
*      Membiarkan pembicaraan tetap dalam apa yang dikatakan pembicara…TIDAK dalam hal yang menarik bagi diri sendiri.
*      Membuat catatan ringkas untuk membantu konsentrasi pada apa yang telah dikatakan.


No comments: