Thursday, October 30, 2014

UPK PNPM MPD GELAR RAPAT KONSOLIDASI FORKOM UNIT PENGELOLA KEGIATAN PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2014

Program NasionalPemberdayaan masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) menetapkan tujuan umum yaitu meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan. Untuk merealisasikan tujuan tersebut intervensi yang dilakukan program adalah dengan memberikan Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM), penerapan sistem dan mekanisme program serta penyediaan bantuan pendampingan bagi masyarakat.

Salah satu tujuan pemberdayaan adalah agar posisi tawar masyarakat bertambahdanmengupayakan potensi masyarakat berkembang. Dengan demikian maka pada hakekatnya UPK sebagai salahsatuinstrumenuntuk mencapai tujuan pemberdayaan, maka salah satu tugasnya adalah memberikan berbagai input yang memungkinkan potensi orang miskin tersebut berkembang sehingga berdampak pada posisi tawar masyarakat miskin pada berbagai bagian.

Untuk itu semakin menguatkan bahwa UPK seharusnya mampu berperan dalam memotong rantai distribusi produk, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam berusaha kepada kelompok sasarannya, inilah sebetulnya yang dibutuhkan masyarakat miskin, bukan hanya sekedar memberikan pinjaman kepadanya. Dan UPK seharusnya mampu berperan sebagai lembaga pendamping dengan memberikan pendampingan berupa software ( perangkat lunak : Pelatihan-pelatihan, magang, bimbingan usaha dan berorganisasi dan lain sebagainya). Sekaligus memberikan pendampingan berupa hardware (perangkat keras : yaitu pelayanan pinjaman). Keduanya merupakan dua sisi mata uang sekaligus yang seharusnya dilakukan oleh UPK.

Sebagaimana hasil RapatKonsolidasisebelumnyadengan terbentuknyaKepengurusan FORKOM UPK Jawa Tengah diharapkan akan dapat digunakan untuk menjadi wahana dan wadah komunikasi antar dan intra pengurus dengan pihak ketiga sekaligus guna memperjelas eksistensii dan pengembangan kelembagaan UPK yang selama ini kita harapkan. Bahwa komitmen serta konsekuensi kita bersama adalah sebagai kunci keberhasilan untuk menjalankan rencana program kerja FORKOM UPK Jawa Tengah yang sudah menjadi kesepakatan di RapatKonsolidasitahun 2011..  Dengan kita menanamkan prinsip satu hati, satu rasa dan satu cinta terhadap UPK maka akan terwujud pula harapan kita untuk menumbuh kembangkan UPK kedepan.
Harapan kita semua tentunya  akan lebih baik dengan mengevaluasi dan belajar dari MUSBES yang lalu dan juga kita berharap kondisi secara keseluruhan UPK di Jawa Tengah ini lebih maju dan berkembang, dimana keberadaan FORKOM UPK ke depan akan semakin eksis. Sehinnga  penyelenggaraan RapatKonsolidasiyang lalu dijadikan sebagai salah satu dasar Penyelenggaraan RapatKonsolidasi saat ini agar adanya  kesinambungan.

1. THEMA RAPAT KONSOLIDASI

Thema Sentral RapatKonsolidasi ini adalah :

Strategi Pelestarian Asset PNPM PascaProgram

2. TUJUAN KEGIATAN

Secara umum tujuan RapatKonsolidasi FORKOM UPK se – Provinsi Jawa Tengah ini adalahsebagai manifestasi dari aspirasi dan jiwa anggota pengurus UPK se – Provinsi Jawa Tengah yang merupakan sumber kekuatan organisasi lembaga UPK sendiri oleh karena itu Kelembagaan UPK Harus Segera Mempunyai Kekuatan Hukum Yang Pasti karena lembaga ini lahir Sebagai Mitra Kerja Perekeonomian Rakyat yang mempunyai motto :Dari Oleh Dan Untuk Masyarakat. Oleh karena itu tak akan pernah lelah berjuang untuk rakyat.

Secara khusus RapatKonsolidasi FORKOM UPK se-Provinsi Jawa Tengahdilaksanakan dengan tujuan:

1.  Memilih Ketua dan Pengurus FORKOM UPK Provinsi Jawa Tengah periode 2014 – 2017, serta untuk merumuskan bersama tentang Program Kerja FORKOM UPK 3 tahun kedepan, kebijakan, prinsip-prinsip apa yang menjadi kebutuhanPengurus UPK se – Provinsi Jawa Tengah kedepan yang dikemas dalam bentuk rekomendasi.

2.  Menambahpengetahuandanpemahamanaspekteknikpengelolaan Dana PNPM danstrategimenekanpenyimpangandanpengelolaandana.
3.  Memberikan orientasi dan pengembangan agar UPK lebih siap secara mental, pengetahuan, dan ketrampilan dalam melaksanakan tugas-tugasnyauntuk memantapkan keberadaan UPK kedepan.
4.  Menumbuhkan serta menjalin tali silaturrahmi diantara pengurus UPKse-Provinsi Jawa Tengah untuk bersama-sama komitmen terhadap sikap kepedulian serta tanggungjawabnya sebagai pengurus dan atau anggota  UPK di Jawa Tengah.

3. OUT PUT KEGIATAN

a.    Terpilihnya Kepengurusan Forum Komunikasi Pengurus Unit Pengelola
Kegiatan (Forkom UPK) Periode 2014 s.d 2017 Provinsi Jawa Tengah.

b.    Tersusun dan disetujui serta disahkannya Rencana Kerja Forkom UPK Provinsi Jawa Tengah

c.    Dikenalnya Forum Komunikasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Provinsi Jawa Tengah Oleh berbagai fihak (Penentu Kebijakan) baik ditingkat lokal (Provinsi Jawa Tengah) maupun Nasional

d.    Terjalinnya embrio jaringan kerjasama antara UPK dan atau Forkom UPK dengan pihak lain yang bermanfaat bagi masyarakat, UPK, dan Forkom UPK Jateng

e.    Adanya Rekomendasi terhadap  penentu kebijakan dalam program penaggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat  untuk segera membuat aturan hukum untuk memperkuat dan memperkokoh Kelembagaan UPK se- Provinsi Jawa Tengah.

Peserta Rapat Konsolidasiadalah :

1.     Ketua UPKdenganJumlah sebanyak :  461orang / Kecamatan yang berasal dari 29 Kabupaten lokasi PNPM Mandiri Perdesaan se- Provinsi Jawa Tengah dan peninjau 9 orang Kabupaten se- Provinsi Jawa Tengah serta 5 orang dari Provinsi.

2.     Undangan :40 Orang ( dari Unsur Kabupaten, Provinsi dan Pusat )

Jumlah Peserta, Peninjau dan Undangan = 515 Orang
 


No comments: